Pendaftaran Hak Merek Bergaransi

Katakanlah saya ingin memiliki merek yang kuat. Bagaimana cara saya membangun merek? Apakah ada proses atau peta jalan yang menyoroti langkah-langkah yang harus diikuti? Berikut 5 langkah membangun merek yang kuat:

1. Pertama, Jadilah Berbeda! Temukan hak merek manfaat pelanggan yang relevan yang Anda lakukan secara berbeda dan lebih baik daripada pesaing. Pastikan Anda memiliki kemampuan organisasi untuk terus memberikan keuntungan ini dari waktu ke waktu dan kemudian berkomitmen pada pemosisian ini dengan fokus organisasi yang lengkap. Lihat di luar manfaat utama dan pertimbangkan manfaat sekunder yang penting sebagai titik perbedaan. Di Procter & Gamble, Tide diposisikan pada manfaat utama dari pembersihan keseluruhan yang unggul. Merek deterjen P&G lainnya telah memposisikan diri pada platform penting lainnya. Cheer memberikan kebersihan dengan perawatan warna superior dan perlindungan kain. Gain menggunakan aroma segar sebagai bukti kebersihan sementara Dreft berfokus pada pembersihan pakaian bayi dengan lembut.

2. Memanfaatkan Emosi. Ada perbedaan besar antara “Product speak” dan “Brand Speak”.

Dalam periklanan dan komunikasi, pembicaraan produk menggunakan fakta, angka, dan atribut produk untuk berbicara dengan pikiran masyarakat. Ini adalah desain diskusi rasional untuk meyakinkan pelanggan secara logis untuk membeli produk Anda. Pembicaraan merek mengejar emosi orang-orang dan mencoba memenangkan hati orang-orang. Branding menarik apa yang orang rasakan, bukan hanya apa yang mereka pikirkan. Branding memahami bahwa sementara orang menggunakan pemikiran rasional untuk membantu mereka “mempersempit” produk apa yang mereka pertimbangkan, pada akhirnya, keputusan pembelian akhir hampir selalu dilakukan berdasarkan emosi. Hubungan emosional dengan pelangganlah yang mendorong kesuksesan merek seperti Starbucks, Nike, Apple, BMW, dan bahkan deterjen laundry seperti Tide, Cheer, Gain, dan Dreft.

3. Bangun Citra Merek Anda. Begitu Anda tahu apa yang Anda perjuangkan, Anda perlu berkomitmen untuk membangun citra merek. Tentukan bagaimana merek memenuhi harapan, impian, dan aspirasi pelanggan Anda. Selain manfaat positif, jelaskan cara menghilangkan pengalaman negatif. Pastikan pengembangan produk baru memberikan peta jalan untuk membangun pemosisian ini karena citra merek yang kuat dimulai dengan perbedaan yang nyata. Kembangkan semua aspek identitas merek Anda, termasuk citra visual, daya tarik emosional, dan citra verbal.

4. Pasarkan Citra. Ekspresikan, bagikan, komunikasikan, dan hidupkan citra merek Anda dengan “One Voice”. Pastikan semua orang di perusahaan memahami apa yang Anda perjuangkan, mengapa itu penting, dan bagaimana mereka berkontribusi dalam menciptakan citra di pasar. Tidak ada contoh yang lebih baik dari Disney. Setiap karyawan Disney tahu bahwa tujuan mereka adalah menciptakan pengalaman ajaib di antara para tamunya. Mereka sepenuhnya dilatih tentang mengapa dan bagaimana menangani setiap tugas dan setiap titik kontak pelanggan. Tidak ada detail yang tertinggal. Pekerja disebut “Anggota Pemeran” dan ketika mereka pergi dari belakang layar ke taman, mereka berubah menjadi karakter yang memiliki peran penting untuk dilakukan apakah mereka bertindak sebagai “Putri Salju” atau apakah mereka sedang mengikis permen karet dari jalan. Setiap orang “dalam karakter”. Dengan semangat yang sama, Setiap perusahaan harus mendorong semua karyawan untuk mewujudkan citra merek perusahaan. Dari CEO hingga orang-orang di call center, setiap orang memainkan peran penting dalam memperkuat citra merek.

5. Mengukur dan Menyesuaikan. Seperti kata pepatah, “Yang diukur adalah apa yang diselesaikan.” Setiap perusahaan yang ingin membangun merek yang kuat perlu mengukur ekuitas merek terhadap persaingan. Pahami bagaimana kinerja merek, apa yang dipikirkan pelanggan, seberapa berbeda mereka memandang pemosisian Anda. Gunakan pengetahuan ini untuk membuat penyesuaian dan untuk membangun serta menyempurnakan merek dari waktu ke waktu.

Merek-merek hebat tidak “terjadi begitu saja”. Mereka disusun dan dikelola dengan tekun dari waktu ke waktu dan dengan fokus dan komitmen organisasi yang besar. Namun pada akhirnya, merek yang hebat memberikan ROI yang kuat dan merupakan salah satu aset perusahaan yang paling berharga.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *